1. home
  2. Posts
  3. Kegiatan
  4. Diskusi halaqoh dosen bersama pengurus LBIQ Jakarta

LBIQ DKI Jakarta (Rabu, 22 September 2025). Diskusi halaqoh dosen bersama pengurus LBIQ Jakarta dalam rangka meningkatkan efektifitas proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Hampir 2 tahun ini, LBIQ DKI Jakarta telah melaksanakan program pembelajaran program bahasa arab. Tentunya banyak hal perubahan dalam melaksanakan kegiatan proses pembelajaran daring (online). Diskusi tema kegiatan ini, mengangkat problem pembelajaran LBIQ dimasa pandemi Covid-19, seberapa efektifitas LBIQ dalam meningkatkan minat belajar peserta didik, program bahasa arab dan arab qurani.

Tentu ada bagian aspek yang sudah dilakukan selama kegiatan proses belajar- mengajar melalui evaluasi kegiatan bersama. Bapak Dr. arsyad selaku kepala kasie penelitian dan pengembangan (Litbang) menyampaikan uraian diskusi perlu adanya sebuah perubahan proses pembelajaran melalui digitalisasi. Dan hal yang terpenting adalah melakukan self evaluation terhadap proses  pembelajaran daring  (online).

Proses pembelajaran online ini bukan menjadi sesuatu yang darurat akan tetapi, menjadi sebuah tuntutan era saat ini bagi para dosen/instuktur dalam mengajar di situasi pandemi covid-19. Kegiatan Evaluasi sederhana untuk meminimalisir kelemahan dalam proses pembelajaran.  sehingga hambatan itu akan melahirkan penguatan dalam proses pembelajaran, perlu adanya improvisasi dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran daring (online) saat ini perlu adanya sinergitas antara pengurus, staf dan dosen/instruktur LBIQ Jakarta untuk menciptakan suasana pembelajaran yang baru inovatif dan kreatif, walaupun peserta didik yang belajar adalah masyarakat yang awam dengan antusias minat belajar yang tinggi, tentu ini bukan menjadi hambatan untuk menjadikan proses pembelajaran yang mudah dimengerti.

Harapan LBIQ DKI Jakarta adalah pada proses kegiatan pembelajaran bahasa arab di masa pandemi ini, sesuai target kompetensi pembelajaran yaitu masyarakat bisa belajar bahasa arab untuk memahami Al-Qur’an.  Buku-buku acuan pembelajaran LBIQ  dijadikan media pembelajaran visualisasi dan digitalisasi. Pembuatan slide dan video pembelajaran yang menarik dan interaktif. Sehingga dalam proses pembelajaran dosen/instruktur hanya memberikan penjelasan terkait materi  yang belum dimengerti oleh peserta didik.

Akhir kegiatan halaqah dosen program bahasa arab ini adalah menjadi  acuan perencanaan pembelajaran secara terus-menerus dalam memberikan masukan kritik dan saran proses pembelajaran. Semoga masyarakat yang belajar di LBIQ DKI Jakarta tetap semangat, dan tidak jenuh dalam proses belajar-mengajar walaupun di situasi pandemi covid-19 ini belum berakhir. Niatkan proses belajar ini untuk ibadah kepada Allah SWT.

share: